Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Distribusi Toyota ke Jawa Tengah Terganggu

Semarang, KompasOtomotif - PT New Ratna Motor (Grup Nasmoco) mengaku mengalami gangguan distribusi produk baru untuk dikirim ke konsumen periode akhir Januari sampai awal Februari 2014. Berbagai cuaca buruk yang menyebabkan banjir di sejumlah wilayah, memutus rantai distribusi model baru dari pusat.

"Sampai sekarang kami masih punya 500 unit pesanan yang belum kami terima dari Jakarta," jelas Joko Trisanyoto, Executive Advisor Nasmoco Group kepada KompasOtomotif, di Semarang, Sabtu (2/3/2014).

Fatrijanto, Direktur Pelaksana Nasmoco Group menjelaskan debit hujan yang terus terjadi pada Januari mengakibatkan sejumlah wilayah di Jawa Tengah, seperti Brebes, Pati, dan Kudus terendam banjir. Tim ekspedisi yang bertugas mengirimkan unit ke Nasmoco dari kantor pusat Toyota Indonesia di Jakarta terputus.

"Sekarang memang sudah tidak banjir, tapi jalanan yang dilalui rusak parah, ini juga mengganggu," beber Fatrijanto.

Selain itu, erupsi Gunung Kelud yang terjadi beberapa waktu lalu juga mempengaruhi hampir semua bisnis di Jawa Tengah, termasuk otomotif. Ketebalan debu dari Gunung Kelud membuat rantai distribusi terputus. Unit stok yang tersedia juga tertutup debu vulkanik, sehingga butuh waktu untuk membersihkan sebelum diserahkan ke konsumen.

"Akhir Februari kondisi mulai membaik, tapi jumlah hari kerja yang pendek membuat penjualan kami turun dibandingkan periode tahun sebelumnya," lanjut Fatrijanto.

Gangguan Pasar
Joko melanjutkan, penjualan Toyota di daerah, khususnya Jawa Tengah, cukup terganggu jika ada aksi diskon besar-besaran yang terjadi di Ibukota, seperti yang terjadi di Desember 2013 lalu. Sejumlah konsumen bahkan banyak yang memilih membeli di Jakarta atau kota lain yang menawarkan harga lebih kompetitif.

"Masalah kami itu ada di patokan Pajak Bea Balik Nama (PKB-BBN) Jawa Tengah yang dipatok 12,5 persen. Sementara di Jakarta, Yogyakarta, bahkan Surabaya kini sudah 10 persen," beber Joko.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Distribusi Toyota ke Jawa Tengah Terganggu di blog Beatles Ring Aps jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

1 komentar :