Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Berkendara dalam Cuaca Dingin Lebih Boros BBM

Tennessee, KompasOtomotif - Musim hujan dengan suhu cuaca lebih sejuk cenderung dingin, ternyata mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan. Penelitian yang dilakukan oleh Laboratorium Nasional Oak Ridge di Tennessee, Amerika Serikat membuktikan, berkendara dalam cuaca dingin lebih boros.

Perbedaannya lumayan signifikan, sampai sepertiga lebih boros konsumsi normal. Bahkan, angka ini bisa lebih parah lagi kalau jarak berkendara yang dilintasi semakin pendek. Menariknya, kondisi terburuk justru terjadi pada mobil-mobil berteknologi ramah lingkungan, seperti hibrida, listrik, atau hibrida "plug in". Cuaca dingin yang dilalui selama musim dingin justru membuat mereka lebih boros mengonsumsi energi.

"Berkendara dalam cuaca dingin dan musim salju bisa mempengaruhi penggunaan bahan bakar cukup besar. Dalam pengujian jarak pendek di dalam kota, mobil berbahan bakar bensin konvensional tercatat 12 persen lebih boros dengan suhu minus 7 derajat celcius ketimbang saat berkendara di 25 derajat celsius," seperti dikutip dalam laporan resmi Laboratorium Oak Ridge, dilansir Inautonews (11/2/2014).

Lantas apa yang harus dilakukan supaya mobil kita tetap bisa irit meski harus menghadapi cuaca dingin? Pastikan memarkir kendaraan Anda di dalam garasi, paling baik yang sudah dilengkapi dengan penghangat (heater). Pilih rute lebih panjang ketimbang yang singkat. Panaskan mobil sebelum mulai jalan, setidaknya sampai mesin, temperatur, dan oli mulai naik temperaturnya.

Jika mobil Anda hibrida atau listrik, ketika lagi mengisi ulang baterai pastikan juga memanaskan kabin melalui penghangat yang tersedia. Dengan kabin yang sudah lebih dulu hangat, membuat konsumsi listrik jadi lebih kecil, hanya fokus pada sistem penggerak.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Berkendara dalam Cuaca Dingin Lebih Boros BBM di blog Beatles Ring Aps jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template